II.
KATA PENGANTAR
Seiring dengan naik
turunnya harga bahan pokok makanan dan tingginya persaingan dagang maka PT.
SUMBER ALFARIA TRIJAYA,Tbk atau yang sering kita kenal dengan nama alfamart
hadir di tengah masyarakat. Alfamart mengedepankan motto belanja murah harga
pas dimaksudkan walau kurs atau harga pangan mengalami lonjakan di alfamart
semua harga baik makanan ringan hingga bahan pokok harganya tetap stabil,
kemudian di samping harga stabil alfamart mengembangkan sistemnya tetapi tidak
menghilangkan aslinya di beberapa kota besar yaitu alfamart 24 jam dengan di
dukung berbagai fasilitas lengkap jadi buat konsumen yang cari cemilan atau
yang lain bisa datang di toko alfamat 24jam di dekat rumah anda.
Yogyakarta, 16
februari 2014
Archi bikhram
ardhi pranata
II.
Latar belakang
Guna meningkatkan mutu
dan kwalitas serta mengevaluasi setiap perkembangan di lapangan setiap
tahunnya alfamart terus mengembangkan dan memperbaiki sistem yang ada
sehingga masyarakat pada umumnya tertarik dengan beberapa trobosan baru yang di
selenggarakan oleh alfamart seperti promo-promo tertentu.
III.
Isi makalah
A. Kondisi toko
Kondisi
toko alfamart parangtritis-DIY sejak pagi shift pertama diadakan kerja bakti
dikarenakan kondisi toko sedikit terkena dampak abu vulkanik di luar toko
tampak bapak parkir membersihkan area luar dari toko sedangkan crew yang lain
membersihkan di dalam toko dan mendisplay barang yang ada agar tampak rapi dan
bersih ketika pembeli atau kostumer datang berkunjung dan belanja dengan alasan
kenyamanan adalah modal awal dari sebuah kesuksesan.
B. Visi dari alfamart
Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka
yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha
kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global.
C. Budaya kerja
alfamart
- Integritas yang tinggi.
- Inovasi untuk
kemajuan yang lebih baik.
- Kualitas &
Produktivitas yang tertinggi.
- Kerjasama Team.
- Kepuasan pelanggan
melalui standar pelayanan yang tertinggi
D. Struktur organisasi
BM = Adon suwarno
DBM = Anam sani
AM = Bambang
AC = sukidi
ASIST =
-
Adri yanti
-
Idha suryaningsing
CREW =
-
Jihad
-
Yulistya
-
Agung
-
Setiawati
E. Product private
- A tissue
- A kapur barus
- A pensil
- A bolpoin
- A handuk
- A minyak goreng
- A gula
- A beras
- A kapas
- Paroti
- A air mineral
F. Convers
- Aqua gelas
- Indomie goreng
- Indomie rebus
- Mizone
- Susu beruang
- Susu kaleng
G. Singkatan dalam
kasir
- MR = mustika ratu
- MD = roti Monday
- KG = kongguan
- SA = sari ayu
- GT = good time
H. Display
Display adalah suatu
pengetahuan dalam penetapan barang yang kita pajang di dalam suatu rak
berdasarkan planogram.Display dalam penempatan suatu barang mempunyai sebuah
perinsip sebagai berikiut :
·
Dapat
mengetahui potensi space per m2
·
Memuaskan
pelanggan dengan daya tarik visual yang lebih baik
·
Pengendalian
persediaan dan mengurangi stock out
·
Kemudahan
pengisian barang oleh personil
Jadi dalam menata suatu
barang yang kita perlihatkan kepada konsumen tidak asal-asalan tapi harus di
perhitungkan secara matang-matang dan penataan barang tersebut tercantum dalam
sebuah planogram. Dalam dunia pengecer (retail) istilah
planogram seringkali dipakai untuk menunjukkan rencana visual yang menunjukkan
penempatan produk di rak-rak display pengecer. Planogram ini sering disampaikan dalam bentuk diagram
atau gambar, dan biasanya ditangani oleh visual
merchandising atau
tim merchandising. Sebuah teknik visual diagram bagan, foto, gambar, dsb)
yang memberikan secara terperinci dan mendatail mengenai informasi penempatan
tiap produk di display pengecer untuk tujuan produktifitas perusahaan,
pengertian produktifitas terkait pada penjualan dan biaya. Penjualan produk
misalnya dipengaruhi oleh harmonisasi peletakkan produk atau kemudahan dilihat
oleh konsumen. Biaya produk misalnya pemakaian space tiap produk.
I. E-trans
E-trans adalah suatu
fasilitas yang memudahkan kita untuk bertransaksi secara online menggukan
internet, dengan e-trans kita dapat membeli pulsa hingga membayar berbagai
macam tagihan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Cara menggukan e-trans ini saat
mudah langkah pertama sebelum kita melakukan e-trans adalah memasukan NOMOR PLU
diikuti angka 2, setelah memasukan NOMOR PLU kita akan mendapatkan 3 NOMOR yang
berbeda nomor pertama adalah PLU yang kita tulis pada format data setelah
mengisi nomor konsumen, kemudian yang ke dua adalah NOMOR BON yang kita
masukkan setelah NOMOR PLU.
J. Singkatan dalam
alfamart
Sales perday (SPD),
Struk perday (STD)
Average purchase customer (APC)
Penetapan Kuantitas Maximum (PKM)
Struk perday (STD)
Average purchase customer (APC)
Penetapan Kuantitas Maximum (PKM)
Dest inventory (DSI)
Kekosongan (OOS)
Nota retur barang (NRB)
Barang tidak ada (BTA)
Barang kurang (BK)
Surat jalan internal (SJI)
Retur antar toko (RAT)
Administrasi (RTA)
Barang curah (BCTB)
Barang togl (BTG)
Barang take cast atau ganti kemasan (BTS)
Barang take H atau tidak ada penjualan lagi (BTH)
K. Istilah atau kode pada keyboard kasir
F1 = manual F6
= input data member F11 = penutup
transaksi
F2 = list pu F7
= meretur atau cancel F12 =
transaksi baru
F3 = kalkulator F8
= keluar menu control +
t = paket
F4 = loader umum F9
= list minuman dingin control + s =
transfer
F5 = print atau cetak ulang F10 = control
+ p = pending
Tidak ada komentar:
Posting Komentar