Minggu, 16 Februari 2014

alfamart new

II. KATA PENGANTAR

Seiring dengan naik turunnya harga bahan pokok makanan dan tingginya persaingan dagang maka PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA,Tbk atau yang sering kita kenal dengan nama alfamart hadir di tengah masyarakat. Alfamart mengedepankan motto belanja murah harga pas dimaksudkan walau kurs atau harga pangan mengalami lonjakan di alfamart semua harga baik makanan ringan hingga bahan pokok harganya tetap stabil, kemudian di samping harga stabil alfamart mengembangkan sistemnya tetapi tidak menghilangkan aslinya di beberapa kota besar yaitu alfamart 24 jam dengan di dukung berbagai fasilitas lengkap jadi buat konsumen yang cari cemilan atau yang lain bisa datang di toko alfamat 24jam di dekat rumah anda.

Yogyakarta, 16 februari 2014


Archi bikhram ardhi pranata
















II. Latar belakang

Guna meningkatkan mutu dan kwalitas serta mengevaluasi setiap perkembangan di lapangan  setiap tahunnya alfamart terus mengembangkan dan memperbaiki sistem yang ada sehingga masyarakat pada umumnya tertarik dengan beberapa trobosan baru yang di selenggarakan oleh alfamart seperti promo-promo tertentu.
























III. Isi makalah
A. Kondisi toko
Kondisi toko alfamart parangtritis-DIY sejak pagi shift pertama diadakan kerja bakti dikarenakan kondisi toko sedikit terkena dampak abu vulkanik di luar toko tampak bapak parkir membersihkan area luar dari toko sedangkan crew yang lain membersihkan di dalam toko dan mendisplay barang yang ada agar tampak rapi dan bersih ketika pembeli atau kostumer datang berkunjung dan belanja dengan alasan kenyamanan adalah modal awal dari sebuah kesuksesan.
B. Visi dari alfamart
 Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global.
C. Budaya kerja alfamart
- Integritas yang tinggi.
- Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik.
- Kualitas & Produktivitas yang tertinggi.
- Kerjasama Team.
- Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang tertinggi
D. Struktur organisasi
BM = Adon suwarno
DBM = Anam sani
AM = Bambang
AC = sukidi
ASIST =
-          Adri yanti
-          Idha suryaningsing
CREW =
-          Jihad
-          Yulistya
-          Agung
-          Setiawati
E. Product private
- A tissue
- A kapur barus
- A pensil
- A bolpoin
- A handuk
- A minyak goreng
- A gula
- A beras
- A kapas
- Paroti
- A air mineral
F. Convers
- Aqua gelas
- Indomie goreng
- Indomie rebus
- Mizone
- Susu beruang
- Susu kaleng
G. Singkatan dalam kasir
- MR = mustika ratu
- MD = roti Monday
- KG  = kongguan
- SA  = sari ayu
- GT  = good time
H. Display
Display adalah suatu pengetahuan dalam penetapan barang yang kita pajang di dalam suatu rak berdasarkan planogram.Display dalam penempatan suatu barang mempunyai sebuah perinsip sebagai berikiut :
·                     Dapat mengetahui potensi space per m2
·                     Memuaskan pelanggan dengan daya tarik visual yang lebih baik
·                     Pengendalian persediaan dan mengurangi stock out
·                     Kemudahan pengisian barang oleh personil

Jadi dalam menata suatu barang yang kita perlihatkan kepada konsumen tidak asal-asalan tapi harus di perhitungkan secara matang-matang dan penataan barang tersebut tercantum dalam sebuah planogram. Dalam dunia pengecer (retail) istilah planogram seringkali dipakai untuk menunjukkan rencana visual yang menunjukkan penempatan produk di rak-rak display pengecer. Planogram ini sering disampaikan dalam bentuk diagram atau gambar, dan biasanya ditangani oleh visual merchandising atau tim merchandising. Sebuah teknik visual diagram bagan, foto, gambar, dsb) yang memberikan secara terperinci dan mendatail mengenai informasi penempatan tiap produk di display pengecer untuk tujuan produktifitas perusahaan, pengertian produktifitas terkait pada penjualan dan biaya. Penjualan produk misalnya dipengaruhi oleh harmonisasi peletakkan produk atau kemudahan dilihat oleh konsumen. Biaya produk misalnya pemakaian space tiap produk.
I. E-trans
E-trans adalah suatu fasilitas yang memudahkan kita untuk bertransaksi secara online menggukan internet, dengan e-trans kita dapat membeli pulsa hingga membayar berbagai macam tagihan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Cara menggukan e-trans ini saat mudah langkah pertama sebelum kita melakukan e-trans adalah memasukan NOMOR PLU diikuti angka 2, setelah memasukan NOMOR PLU kita akan mendapatkan 3 NOMOR yang berbeda nomor pertama adalah PLU yang kita tulis pada format data setelah mengisi nomor konsumen, kemudian yang ke dua adalah NOMOR BON yang kita masukkan setelah NOMOR PLU.
J. Singkatan dalam alfamart
Sales perday (SPD),

Struk perday (STD)

Average purchase customer (APC)

Penetapan Kuantitas Maximum (PKM)
Dest inventory (DSI)
Kekosongan (OOS)
Nota retur barang (NRB)
Barang tidak ada (BTA)
Barang kurang (BK)
Surat jalan internal (SJI)
Retur antar toko (RAT)
Administrasi (RTA)
Barang curah (BCTB)
Barang togl (BTG)
Barang take cast atau ganti kemasan (BTS)
Barang take H atau tidak ada penjualan lagi (BTH)
K. Istilah atau kode pada keyboard kasir
F1 = manual                                                    F6 = input data member          F11 = penutup transaksi
F2 = list pu                                                      F7 = meretur atau cancel         F12 = transaksi baru
F3 = kalkulator                                                F8 = keluar menu                    control + t = paket
F4 = loader umum                                           F9 = list minuman dingin        control + s = transfer
F5 = print atau cetak ulang                             F10 =                                       control + p = pending



Tidak ada komentar:

Posting Komentar